Telkomsel Hadirkan NextDev Ke-10 untuk Kembangkan Startup Indonesia

Whisky galore movie – Memasuki tahun ke-10, Telkomsel kembali meluncurkan NextDev, sebuah program inkubator startup berimpact yang bertujuan memperkuat fondasi startup tahap awal di Indonesia. Mengusung tema #ElevatingStartups, Program ini berfokus pada pertumbuhan industri startup digital di tanah air dan memberikan dampak sosial yang berkelanjutan sesuai dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Dengan program ini, Telkomsel menunjukkan komitmennya untuk menciptakan ekosistem inovasi digital yang berdampak positif bagi masyarakat.

Memperkuat Fondasi Startup di Indonesia

Menurut Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, potensi ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai Rp 22.513 triliun pada 2045. Dalam upaya merealisasikan visi tersebut, Telkomsel bertekad memastikan bahwa startup digital memiliki akses dan dukungan yang memadai untuk berkembang di era digital. “Kami berkomitmen untuk memperluas akses bagi startup digital agar mampu mengembangkan kapabilitasnya, sekaligus mendorong prinsip ESG demi masyarakat yang lebih berdaya,” ungkap Saki pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Baca Juga : Pencurian Modul BTS Indosat-Telkomsel: Penadah Tersangka Bersembunyi di Hong Kong

NextDev ke-10 memperkenalkan berbagai inovasi, termasuk pengembangan kurikulum NextDev Academy. Tahun ini, kurikulum tersebut dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI), yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan peserta, memperbaiki etika bisnis, dan mendorong inovasi berdampak. Selain itu, NextDev juga bekerja sama dengan International Hub Connector untuk membuka peluang pasar global bagi startup Indonesia. Alumni NextDev sebelumnya bersama ekosistem inovasi Telkomsel turut serta sebagai co-mentor dalam sesi Startups Scouting dan Summit, memberikan pendampingan serta wawasan praktis kepada peserta.

Inovasi dalam Kurikulum NextDev Academy

Proses pendaftaran untuk Startups Scouting dibuka secara daring dari 24 Oktober hingga 30 November 2024. Selama periode ini, sesi Open Session akan berlangsung di beberapa kota, yaitu Bandung (24 Oktober), Makassar (7 November), Batam (14 November), dan Bali (21 November). Di setiap kota, akan ada sesi Local Pitch di mana startup lokal dapat bersaing untuk mendapatkan akses ke tahap 24 besar. Pada awal 2025, sepuluh startup terbaik dari tiga kategori—Productivity Enhancement, Emerging Technologies, dan Digital Lifestyle—akan mengikuti NextDev Academy selama empat bulan, yang mencakup Orientation Bootcamp dan Expert Talks dengan mentor berpengalaman.

Puncak rangkaian NextDev adalah NextDev Summit, sebuah platform penghargaan bagi startup terbaik serta ruang diskusi dan kolaborasi bagi pelaku ekosistem digital. Sejak diluncurkan pada 2015, NextDev telah melibatkan lebih dari 6.500 startup, menghasilkan 152 alumni yang kini berkontribusi di berbagai sektor. Beberapa alumni, seperti Shieldtag dan MyEco, telah meraih pengakuan internasional.

NextDev merupakan bagian dari strategi Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel dan memiliki peran penting dalam pengembangan ekosistem inovasi digital nasional. “Selama satu dekade, NextDev telah menjadi platform yang mendukung pertumbuhan startup Indonesia menuju Visi Indonesia Emas 2045,” tutup Saki.

Simak Juga : Resmi, Kolaborasi Magic: The Gathering x Final Fantasy Diumumkan